Jumat, 06 Mei 2011

mandi janabat

KEDUDUKAN WUDHU DALAN MANDI JANABAT
Acara : Ustadz Menjawab;
TANYA
Ustadz sebenarnya bacaan attahiyat awal itu sampai mana? Ada yang mengatakan sampai innaka hamidummajid, ada yang sampai doa akhir.
JAWAB
Jika kita memahami attahiyat, itu bacaannya sampai dengan syahadad, tetapi kita dituntunkan untk membaca sholawat secara utuh dan lengkap sampai innaka hamidummajid. Adapun selengkapnya adalah sampai doa yang dibaca terakhir tersebut.
TANYA
Saat mandi janabat, kedudukan wudhu sebelum mandi itu apakah benar sunnah?
JAWAB
Rukun mandi janabat adalah membasuh kedua tangan, membersihkan kemaluan kemudian berwudhu seperti wudhunya mau sholat hanya saja tidak membasuh kaki. Setelah itu meratakan air di kulit kepala dan mengguyur seluruh tubuh. Itu sudah mencukupi, tidak termasuk menyabun badan segala. Adapun kalau menyabun badan itu karena kehendak kita saja, tidak termasuk rukun mandi junub.
TANYA
Ustadz bagaimana jika kita sedang sholat tahiyatul masjid, lalu ada iqomah, dan kita membatalkan sholat? Bukankah kita dilarang membatalkan sholat? Apa yang harus kita lakukan?
JAWAB
Ada dua pendapat mengenai ini, karena jamaah lebih utama, maka boleh dibatalkan dan mengikuti jamaah, dan pendapat kedua, karena ada larangan membatalkan sholat, maka kita harus melanjutkan sholat sunnah kemudian masbuk dalam jamaah.
TANYA
Ustadz tanya mengenai mandi junub tadi apabila ada rentang waktu yang panjang misalkan antara sholat shubuh dengan dhuhur, lalu kita junub dan mandi lebih dahulu sehingga waktu dhuhur nanti tinggal wudhu apakah boleh?
JAWAB
Ya tentu saja tidak masalah, sebagai muslim yang wara’ selayaknya kita berhati hati dan mendahulukan apa yang harus kita kerjakan, karena jangan jangan nanti siang kita disibukkan oleh berbagai hal sehingga tidak sempat mandi lagi


TANYA
Jika kita sesudah azan lalu melaksanakan sholat dua rakaat kemudian i’tikaf, Apakah ada bacaan tertentu yang harus kita baca saat i’tikaf itu?
JAWAB
Sampai sekarang ini kita belum menemukan bacaan khusus yang bisa dibaca saat iktikaf, hanya saja prinsip i’tikaf adalah berdiam diri untuk mengingat Allah, bisa dengan membaca dzikir dzikir yang kita bisa dan dituntunkan atau dengan membaca Al Qur’an
TANYA
Suami atau istri yang sholatnya tidak istiqomah apakah halal untuk kita?
JAWAB
Kita tanya dulu mengapa sholatnya tidak istiqomah, jangan langsung memvonis. Jika alasan meninggalkan sholatnya itu disengaja, maka dia telah menjadi kafir, tetapi kebanyakan orang yang belum istiqomah itu karena kurangnya pengertian. Jadi harus dimengertikan dulu dengan mengkaji ilmu
TANYA
Ustadz bolehkan kita berdzikir sambil duduk merokok?
JAWAb
Rokok itu memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, sehingga kita memandang bahwa manfaatnya sangat sedikit dibanding madhorotnya itulah sebabnya kita mengkategorikan rokok sebagai barang yang diharamkan dalam Islam, yaitu karena kemadhorotan yang dibawanya. Adapun berdzikir sambil merokok, tentulah dipandang tidak pantas, karena bagaimana mungkin kita berkomunikasi mengingat Tuhan yang memberi penghidupan sambil klepas klepus?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar